Perpanjang Pendaftaran Lomba Teknologi Tepat Guna Lampung Tengah 2017

Perpanjang Pendaftaran Lomba Teknologi Tepat Guna Lampung Tengah 2017

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Lampung Tengah bekerja sama dengan Dewan Riset Daerah Lampung Tengah mengadakan Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Kabupaten Lampung Tengah tahun 2017.

Sejak dibukanya pendaftaran pada 1 Maret 2017 lalu, sampai saat ini sudah ada 31 peserta yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba tersebut baik dari kategori sekolah dan kategori umum.

“Dasar diadakan lomba ini  kita ingin menumbuhkan motivasi dari pelajar dan masyarakat di Lampung Tengah untuk menciptakan teknologi sederhana sebagai alat bantu untuk memakmurkan daerahnya. Tujuan akhir dari semuanya adalah bagaimana meningkatkan kemakmuran daerah,” kata Sekretaris Dewan Riset Daerah Lampung Tengah Agus Muhammad Septiana, Jumat (2/6/2017).

Untuk itu, kata Agus, pihaknya mengundang pelajar SMP, SMA, mahasiswa dan masyarakat umum untuk dapat berpartisipasi dalam lomba ini yang pendaftarannya dilerpanjang sampai 20 Juni 2017.

“Target kami mudah-mudahan mencapai 40 peserta baik dari umum dan pelajar,” harapnya.

Materi lomba adalah teknologi terapan sederhana yang telah atau siap diaplikasikan. Dapat berupa hasil penelitian, pengkajian, pengembangan dan perancangan (design) di berbagai bidang terutama yang pernah diaplikasikan di tengah masyarakat.

Seperti bidang pertanian dan ketahanan pangan, kehutanan, peternakan dan perikanan, sumber daya alam dan lingkungan, industri kecil menengah dan ekonomi kreatif, energi yang baru dan terbarukan, TI (teknologi Informasi), sosial, ekonomi,pemerintahan, pendidikan dan transportasi.

Dari berbagai naskah yang telah masuk kepada panitia lomba, ada beberapa yang menurutnya adalah hal baru dan jika dikembangkan dapat bermanfàat bagi masyarakat.

“Konsentrasi kami adalalah kepada alat. Apakah alat tersebut yang diciptakan ini dapat membantu manusia dalam kehidupan. Contohnya tahun lalu ada alat pemotong singkong otomatis, pencabut bulu ayam otomatis, dan penghemat bahan bakar pada kendaraan bermotor. Atau aplikasi-aplikasi teknologi informasi lainnya,” bebernya.

Agus menerangkan, juri lomba tersebut terdiri dari lima orang, yakni tiga orang dari profesional dan dua orang dari Balitbangda sendiri.

“Puncak lomba TTG Lampung Tengah ini pada tanggal 17 Agustus 2017. Bagi juara umum baik  dari kategori pelajar maupun kategori umum, salah satu dari mereka yang poinnya paling besar akan kita bawa ke ajang Lomba TTG tingkat nasional d Palu pada November 2017 mendatang,” pungkasnya.(*)

Dipost Oleh Administrator

Admin Inovasi dan Teknologi Balitbangda Lampung Tengah

Post Terkait

Tinggalkan Komentar